Senin, 29 September 2014

tv panasonic hidup sebentar lalu hanya 1 garis mendatar,suara bagus

Pernah dapat servisan tv panasonic,yang tadinya mati total.

Setelah di cek ternyata ada R yng putus,tepatnya setelah
Elco besar.langsung diganti,tv pun nyala.tv pun aku tutup.coba dihidupkan nyala,setelah beberapa menit,eh tv hanya satu garis mendatar.aku buka tutupnya,mesin dibalik disekitar jalur vertikal,aku solder ulang.dicoba,cesss tv nyala terlihat gambar sudah penuh lagi.tunggu beberapa menit tv pun kembali berulah.aku cek tegangan normal,tpi di pin input
Gak ada tegangan sama sekali.waktu gambar penuh ada tegangan,ketika satu garis tak ada tegangan sama sekali alias nol.aku telusuri jalur yg menuju input.ternyata setelah sampai di kaki pin ic croma tegangan pun tak ada.langsung saya cari itu ic di bengkel punya bosQ,yg kebetulan ada ic tv2 jadul.lumayan jauh sih,tapi mudah2an bisa.sampai rumah langsung aku pasang,periksa solderan kalau ada yang nyambung.dirasa udah gak ada yang nyambung,tv pun dicoba.creek..cesss....byakk.tv nyala penuh,ukur di pin input ic vertikal ada tegangan.tes beberapa jam,tv udah gak kambuh lgi.tutup lgi.setelah itu si Empunya dateng liat tv udah nyala,sambil senyum2.karena tv yang lama udah di anggurkan dipojokan dapat hidup lgi.
Oh iya untuk ic yang saya ganti tipenya AN5601K

Tidak ada komentar: